Not always, But sometimes

Pengakuan Terlarang #Gue Pernah ikutan MLM, sial dah

34 comments
Wah, jumpa lagi ni sahabat blogger :). Ehm. Mau cerita lagi nih di blog si ulil amri ini, hoho Bagaimana sahabat blogger, udah mau puasa nih, bagi yang Melaksanakannya selamat berpuasa deh, semoga diberi keberkahan oleh Allah S.W.T :) Aaamiiinn.. Udah persiapan apa aja nih nyambut puasa, kalo yang belum tau tuh buka aja nih link :) #blog teman ane gan. Nah selain itu temen ane yang lain juga punya info yang menarik gan dan dijamin menguntungkan lo gan, silahkan buka di sini gan. :) Selain itu juga ada cerita teman ane gan viwviw..

Di postingan kali ini ane mau mengutarakan pengakuan gan. Hoho Gak pa2 dong yah biar ntar bisa jadi pelajaran buat sahabat blogger sekalian. hehe. Nah, emang MLM itu apaan sih lil ? Bagi yang belum tau nih, "MLM (Multi Level Marketing) itu adalah sejenis sistem penjualan berkelompok dengan keanggotaan yang membentuk tim pemasaran" Nah, kalo menurut ane, MLM menggunakan strategi pemasaran yang tidak sanggup bersaing dengan produk lain.

Nah, setuju kah agan-agan sekalian?


Sistemnya seperti semacam rantai da jaringan, jadi misalnya kita gabung disini kita adalah bawahan orang dan kalo mau berpenghasilan, ya rekrut orang sebanyak-banyaknya buat beli produk kita. O ya, kalo kita gabung, gak gampang juga gan, kita tu harus nanam uang di MLM nya gan. MLM itu ada yang bertahan dan ada juga yang gak tahan lama gan. Tapi kebanyakan mah gak bertahan lama. Mulai dari MLM nya bangkrut lah, anggota merasa dirugikan lah sampe isu tentang MLM yang gak nguntungin #sesuai dengan pengalaman ex anggota tu MLM, ya kayak ane ini lah gan contohnya hoho

Mau tau cerita ane dan pengalaman ane dari masuk sampai ane nyesel udah jadi bagian tuh mlm. yok cekidot.. :)

 

#Ehm, dimulai dari ane diperkenalkan dengan mlm

kira-kira seperti ini nih presentasinya gan, asik gak tuh :)
 Waktu itu ane masih sekolah sma gan. Nah, awalnya mlm ini diperkenalkan oleh tetangga ane #sekarang tetangga ane itu udah jatuh bangkrut haha rasain loh :). kalo zaman sekolah ane masih polos2nya tuh gan. Terus ni tetangga ane presentasiin tuh mlm. Dia bilang kalo kita gabung dan sampe bintang paling tinggi #di mlm ini pake istilah bintang gan. Jadi di tiap bintang ntu kita bisa dapetin reward, ada kendaraan darat, air sampe udara pun ada #ane bingung, kaya banget nih mlm sampe bisa ngasih orang kapal pesiar dan pesawat terbang. Ya, karena alasan tadi, ane gabung gan. Si tetangga ane tu meyakinkan banget gan.

#udah jadi anggota 

Gaye nye si bos nawarin MLM huhu
Nah, ini nih yang paling menyakitkan gan, uang ane habis buat si MLM. Padahal kebutuhan lain masih banyak yang bisa dibeli. mulai dari daftarnya, terus ane naik ke bintang 2 gan #udah bangga nih padahal nothing. Untuk naik ke bintang 2 ini harus beli produknya gan #ratusan ribu mengucur dari hasil tabungan ane gan, sungguh miris. Untung aja gak nyampe bintang yang paling tinggi, bisa-bisa gila ane dah. :D. Nah, disini nih ane gak mikirnya gan, waktu tu cari orang buat direkrut susah banget gan. Biasalah anak sma mana ada yang mau ngeluarin uangnya buat hal-hal aneh kayak ginian gan. Udah ane presentasiin, paling teman-teman ane bilang "diliat dulu lah". haduh yang akhirnya gak ada yang mau minat.

#keluar dari sana

Akhirnya, hengkang dah dari organisasi aneh ini
Karena gak ada juga yang mau jadi anggota ane, akhirnya ane mutusin buat hengkang dari ni organisasi sialan. Lagian waktu itu ane juga mau fokus ke sekolah aja gan. Nyesel banget dah sampe sekarang kalo inget tu uang, selain itu yang paling ane gak mau sekolah waktu itu gan, rasa malu gan sama teman-teman ane. Untung aja  di sekolah, cuma sekali ane presentasiin. Selain di sekolah, ane nemenin si tetangga ane nyari anggota sayang. Aduh, lama-lama muak dong ane gan dan ane mulai mikir "gak bakalan ada yang masuk nih" dan finally aku ngilangin kenangan buruk tentang tu MLM. sial banget dah tu MLM..


Sekian dulu deh postingan ane kali ini, pesan ane gak ada yang instant di bumi ini #mie kali ya, musti ada usaha dulu dan logis tentunya #mana ada dengan cari2 orang aja terus jadi member bisa dapetin pesawat terbang segala. ckckck. Walaupun kita gak tau di luar sana ada yang sukses dengan MLM. :) hoho kan jalan sukses seseorang itu berbeda2. Budayakan komen loh sebelum ditutup :))

Sumber  gambar :
http://utheoriflame.files.wordpress.com
http://iptek-4u.blogspot.com
http://republika.co.id
http://m.okezone.com

34 comments :

  1. huahahahaha, saya juga punya pengalaman ikutan mlm, itu pun dengan niat pengen tau gimana sistem kerja mereka... Setelah presentasi awalnya, saya jadi tau taktik dan tujuan mereka yang sebenarnya... Maka dengan langkah baik-baik, saya menghilang dari "ehem" MLM tersebut... #MerasaPintar

    Terus kalo mau buka usaha MLM, mending kita yang jadi bosnya, atau istilahnya orang yang teratas, maka gue yakin, bakalan kaya raya deh tuh... Hihihihihi...

    ReplyDelete
  2. Cerita MLM kenapa berasa kayak cerita horor #MERINDING :')

    ReplyDelete
  3. baguslah udah keluar, emang banyak MLM yg gak bener,
    mending kerja yg halal aja deh

    ReplyDelete
  4. @Just Nanda...bener dah tu nanda. kalo kita yang buka MLM nya baru dah kita yang bakalan kaya raya. hahaha

    sebaiknya jauhi tu MLM karena MLM dapat menyebebkan kanker (kantong kering)dan gangguan keuangan
    haha

    ReplyDelete
  5. @Noer.Ddwah Mungkin karena tuh MLM memang menyeramkan kali ya.. hoho :)
    BTW salam kenal :)

    ReplyDelete
  6. @M. NasihinYa, Alhamdulillah lah, sol sepatu :) huhu

    Kerja yang halal itu, baik. :)

    ReplyDelete
  7. Hahahaaaa.. gue mending dikejar hantu daripada dikejar2 MLM.. kasian, kapal pesiarnya jadi gak dapet dong??? :p

    ReplyDelete
  8. waah ngeri juga MLM itu..
    gue hampir kejebak juga dulu, waktu awal masuk kuliah..

    ReplyDelete
  9. iya gan,,, saya juga pernah ditawarin ketika sma,dan dulu aku belum tau itu namanya MLM,, krn gaje bngat nggak jadi deh aku ikut.. hihihi,, #merasa_beruntung

    ReplyDelete
  10. gue udah sengsara duluan gan ikut ginian,pas jaman SMA.uhuhuhukkk
    terkutuk bangetlah orang yang ngajakin gue dulu.kyaaa~~~

    ReplyDelete
  11. @tammiziousSetuju deh gan, kalo mereka cari mangsa tu ya, terkesan maksa dan ngekang banget. hihi

    kalau masalah kapal pesiar, ya biarkan mereka yang ikutan aja yang dapetin tu kapal. haha

    ReplyDelete
  12. @dian novitawah, untung gak jadi masuk ya dian :) kalo jadi ikutan mah, kyak orang gila deh kita nyari2 orang untuk direkrut..
    btw salam kenal. :)

    ReplyDelete
  13. @khairu almanAlhamduuu... Lillah. hoho
    kata2 itu pas banget dah buat anda khairu alman. :)

    ReplyDelete
  14. @hatake benwah, sama ya ama ane gan.. :)
    wiii.. ane cuma bisa nge-Aminin deh tu doa gan :)

    ReplyDelete
  15. ane juga pernah gak kejebak di yg beginian. hadew hadew
    kayaknya target mlm itu emang orang2 polos gitu #kayak ane contohnya kan :P

    wah, btw thanks ya linknya gak.. ane jadi terharu :')

    ReplyDelete
  16. Klo menurut saya sih, segala sesuatu yang diiming-imingi dengan "cara instan meraih kekayaan" hampir2 mustahil lah. Yang penting sekarang udah kembali ke jalan yang benar...

    ReplyDelete
  17. wah seneng banget udh di link-in ;)
    makasih ya hehe

    sekedar pengen tau, MLM tuh sejenis sales gitu ga sih atau reseller yang nawarin produk2 lewat majalah ato sejenisnya/?

    ReplyDelete
  18. @Vivi Mulyahaha berarti aku juga unyu2 donk heehe

    hehe gak usah terharu vivi, rajin ngomen aja hehe

    ReplyDelete
  19. @Gita FebrianiSetuju Gita.. besok2 gak lagi dah mau ke tipu :)

    ReplyDelete
  20. @viwviwwah kalau sales mah beda dengan MLM. kalo MLM itu kita jual prodak tapi kita juga merekrut orang untuk menjadi anggota kita, nah kalo sales kan cuma jual prodak tanpa merekrut orang lain..

    tentang link itu, sama2 hehe

    ReplyDelete
  21. hahaha...
    untung ane nggak jadi ikutan pas SMA, gan !

    mantap ceritanya, smoga g' ada lagi korban stelah ente,gan..huahaha :D

    ReplyDelete
  22. @just commentwaaaah, kenapa gak ikutan aja hihihi biar ntar kayak ane nasibnya :D

    makasih :))

    ReplyDelete
  23. Oalah, MLM yang bintang bintang itu toh. Tau aku. Kakaku pernah ikut hahaha :D

    ReplyDelete
  24. @Ardhito Dharmahahaha yap2 benar.. kamu gak pernah ikutan?? haha

    ReplyDelete
  25. sampai skrg juga ada th temen gue antusias bgt sama yg namanya MLM dan sering bgt ganti DP di bbm katanya sih orang2 yg sukses

    ReplyDelete
  26. we juga hampir ikutan dulu,, di ajakin temen,,,, untung baca bca dulu di internet, owkowkwokwokwwk

    ReplyDelete
  27. Keren nih postingannya! Gue juga pernah masuk MLM sampe jual netbook. Niat gue, gue pengen naikin haji orang tua gue secara diem2. Soalnya, sampe sekarang itu gue gabisa banggain orang tua gue. Kata atasan gue, gue bisa ambil lagi netbook itu kalo gue ada duitnya. Tapi pas gue punya duitnya, netbook itu dijual ke orang lain dan dari orang lain itu dijual lagi entah kemana. Sorry curhat gan hehe.

    ReplyDelete
  28. Gak semua MLM jelek bro or sist hehe pinter2 aja utk liat sistem dan produk nya.. bermanfaat utk org byk n punya peluang yg besar apa gak.. MLM itu satu dr 5 profesi yg bisa membuat kita tmbh lebih berkatnya.. #justpost

    ReplyDelete
  29. Sy dulu juga punya banyak pengalaman di dunia MLM, bahkan pernah menerima bonus yg lumayan dari MLM tsb. Namun yg sy amati, biasanya MLM itu umurnya tidak bertahan lama. Paling booming sekitar 1-2 tahun, setelah itu, akan muncul titik jenuh dari downline di garis terbawah untuk mencari "korban" selanjutnya. Biasanya korban2 tsb dimulai dari keluarga dan teman dekat. Tentu sj hal ini bisa merusak tali silaturahmi kita dgn org2 terdekat. Alasan itulah yg membuat sy berhenti mencari downline dan mengganti uang pendaftaran keluarga dan teman yg sudah terlanjur mendaftar di bawah jaringanku.

    Sy punya 2 orang teman akrab yg bergelut di MLM yg sama, namun jaringan (upline) nya berbeda. Teman yg pertama, dia itu sudah menjadi top leader di sebuah MLM, katanya dlm 6 bln penghasilan sdh mencapai 400 jt rupiah. Tp yg sy lihat kenyataannya kehidupan sehari2nya biasa2 saja, masih numpang dirumah mertua, kemana2 naik motor, kalau urusan traktir pelit banget. Apa yg kita lihat sama skali tidak sesuai dengan penghasilan yg didapatkannya.

    Teman yg satunya lagi, dalam 3 bulan telah menerima bonus 100 jt lebih. Namun yg sy herankan, dia punya utang dimana-mana (termasuk dgn saya dan beberapa teman lainnya) sampai mencapai puluhan juta rupiah.

    Dari dua pengalaman teman sy tersebut, sy berkesimpulan ada 2 kemungkinan. Yg pertama, bonus2 yg mencapai ratusan juta rupiah itu hanya rekayasa dari MLM tersebut untuk bs mendapatkan downline sebanyak-banyaknya. Mungkin memang benar bahwa teman sy itu menerima bonus bbrp juta rupiah, namun dimark up lebih tinggi oleh MLM tsb supaya makin banyak yg tertarik gabung menjadi downlinennya.

    Kemungkinan yg kedua, bisa jadi dia memang menerima bonus ratusan juta, namun uang yg dikeluarkan untuk mendapatkan bonus tersebut sebenarnya lebih besar dari bonus yg diterimanya. Misalnya, dia memasukkan downline dgn meminjamkan uangnya sendiri (yg mungkin berasal dari bonus yg diterimanya), dengan syarat si downline harus mencari anggota baru dan mengembaliakan uang tersebut bila sdh dapat bonus. Apabila si downline ini gagal mendapat member baru, maka kemungkinan besar si downline ini tdk akan mengembalikan uang yg dipinjamnya (karena merasa dirinya dirugikan). Selain itu, untuk mencapai target bonus dan reward pd bulan tertentu yg sudah dipatok jumlah anggotanya, jika kaki-kakinya tidak seimbang dan tidak mencapai target downline, maka dia akan berusaha mencukupkannya dgn mendaftarkan banyak member baru yg dibiayai oleh dirinya sendiri. Belum lagi ditambah dengan biaya training, seminar, brosur, transport, mentraktir calon downline, dsb. Bisa jadi, memang benar teman sy yg kedua itu mendapatkan bonus 100jt rupiah, namun kenyataannya dia sdh mengeluarkan uang 200jt rupiah untuk bs mengembangkan jaringannya.

    Maka berhati-hatilah bila kita sudah terjun di dunia mlm, jgn sampai kita bisa mati tenggelam di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya gak ada untungnya ikut MLM. btw panjangan komentar agan dari pada postingan ane ;-(

      Delete