Not always, But sometimes

Dari Blogger untuk PLN Bersih

6 comments
Masih terjadi korupsi di PLN
PLN Korupsi? wah gawat. Bisa-bisa kualat pelaku korupsinya karena kestrum kabel-kabel disana. hehe Setelah berselancar sebentar di mesin pencarian google dengan kata pencarian "PLN korupsi" muncul dah tu semua kasus korupsi yang melibatkan PLN  Masih ada ternyata praktek korupsi di sana. Kenapa bisa terjadi korupsi? Apa yang musti kita lakukan selaku rakyat yang menjunjung tinggi Aturan dan Undang-undang untuk memberantas korupsi? dan apa itu PLN bersih? Lets begin to read :) 

Dikutip dari Wikipedia, Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa kita sebut PLN. adalah sebuah badan usaha milik negara yang bertugas mengurus tentang kelistrikan di negara kita ini. PLN kadang-kadang dijadikan sebagai momok yang sangat disesali oleh masyarakat karena seringnya pemadaman listrik bergilir. Ya, memang akhir-akhir ini di daerah saya, Sumatera Barat sering terjadi pemadaman listrik. 

Kalo listrik padam, biasanya saya buka sosial media tentang keluhan-keluhan mereka yang kesal tentang pemadaman. Bahkan jadi status rutin mereka saat pemadaman terjadi. Padahal kebanyakan mereka tidak tau kenapa dilakukan pemadaman listrik, bisa aja kan karena ada gangguan mesin  dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Tapi saat tidak ada pemadaman, malah PLN tidak menjadi perhatian. Padahal kalau diingat lagi, listrik merupakan kebutuhan utama manusia saat ini. Gak kebayang kalo gak ada petugas yang akan mengurusi pengadaan listrik ini. bisa-bisa gak punya listrik negara kita ini hehe.


How Important the electricity
Listrik merupakan kebutuhan utama manusia saat ini. Ia berubah menjadi kebutuhan primer manusia setelah makan (bisa jadi ya). Tanpa listrik semua aktifitas yang membutuhkannya akan berhenti. Apalagi mahasiswa jurusan komputer seperti saya yang biasanya nge-blog, mengerjakan tugas, membuat program. Semua itu totally membutuhkan listrik. 

Meskipun ada alternatif saat terjadi pemadaman listrik dengan menggunakan genset sebagai pengganti sementara listrik, Namun gak akan sepuas menggunakan listrik dari PLN. Tapi kan biasanya pemadaman cuman sebentar? memang benar cuman sebentar, Tapi bayangkan hal ini terjadi pada perusahaan besar seperti pabrik atau bank. Tentu hal ini akan menghambat proses kerja.


Say no to "korupsi, suap dan pungli"

Sekarang kasus korupsi sudah sangat menjamur di negeri kita ini. Pemberitaan tentang korupsi di media televisi dan cetak tidak ada habisnya. Tiap tahun ada aja yang korupsi. Itu baru kasus yang ketahuan dan diberitakan, mungkin saja masih banyak lagi korupsi yang terjadi. Mulai dari pejabat daerah, seperti pejabat lurah, camat, hinga pemerintahan pusat. Hal yang sederhana saja adalah tentang pungli atau pungutan liar. Saya masih ingat waktu mengurus surat untuk keperluan syarat beasiswa, malah dimintai uang oleh petugas lurah. Padahal kan cuman kertas print doang.

Semoga gak kejadian lagi lah, dan semoga KPK bisa memberantas praktek-praktek korupsi yang terjadi. Dan jangan lupa, kalo kamu liat ada praktek korupsi dimana pun kamu berada, mau ditempat kerja, tempat pelayanan umum dan sebagainya musti dan kudu kamu laporkan ya, karena mulai dari sendiri dan kasus korupsi yang kecil kita dapat memberantas korupsi hingga nanti ke kasus-kasus yang lebih besar :)


PLN bersih itu adalah PLN yang bersih dari segala bentuk korupsi, kolusi, suap dan pungutan liar.

"#Seringkali juga kita mengalami gangguan dalam listrik. Misalnya terjadi listrik yang tiba-tiba mati mendadak. Tentu kita akan menghubungi "ahlinya listrik" yaitu PLN  Kebanyakan orang cenderung untuk tidak memperbaiki sendiri kerusakan tersebut, karena listrik sangatlah berbahaya jika tidak ditangani oleh ahlinya.
#saat daya listrik di rumah kita gak mencukupi menanggung beban listrik di rumah, tentu diperlukan penambahan daya, siapa yang dihubungi? tentu PLN."

Contoh kasus diatas tentu akan berpotensi terjadinya pungli atau pungutan liar. Untuk layanan yang baik, tentu tidak akan meminta sebuah pungutan liar, kecuali memang ada tarif tertulis yang musti kita bayar. Sebagai pengguna PLN  kita sebaiknya mencari tau apa-apa saja biaya yang musti kita bayar saat kita mengurus sesuatu yang berhubungan dengan PLN  Karena dengan adanya pengetahuan kita tentang hal tersebut, dapat membantu untuk menghindari adanya pungli atau pungutan liar. Hal kecil ini akan membantu dalam memberantas korupsi loh. :)

website penghubung PLN dengan kostumer, investor dan vendor
Dengan hadirnya media komunikasi seperti website http://www.pln.co.id, mempermudah layanan PLN dengan kostumer, investor, dan vendor seluruh Indonesia. Disana kita bisa melihat informasi-informasi seputar layanan PLN  bahkan kita bisa melakukan transaksi seperti pemasangan listrik. Sistem Seperti ini juga akan mengurangi yang namanya korupsi seperti pungli. Sehingga kita dapat mewujudkan PLN bersih dari unsur KKN. Follow twitter PLN juga di @pln_123. Tanya aja apa yang kamu gak ngerti tentang PLN. :) bakalan dilayanin dengan baik kok, asalkan kamu nanya nya baik-baik. Ni Buktinya..


Korupsi kemudian bisa terjadi pada penyediaan alat-alat listrik. Bayangkan saja, saat persediaan barang seperti mesin dikorupsi oleh petugas dan pemangku jabatan di PLN ini, bisa-bisa akan menurunkan kinerja untuk pengadaan listrik di suatu daerah. Hal ini sangat banyak sekali terjadi pada kalangan atas dan pimpinan perusahaan. Bagaimana  tidak, Barang yang harganya 500ribu tentu akan berbeda kualitas dengan harganya 50ribu. Perlu rasanya bagi Pimpinan dan kalangan atas tersebut mengkaji ulang tentang adanya praktek tindak korupsi pada PLN  Mungkin masyarakat umum seperti saya tidak akan mengetahui praktek korupsi seperti ini, petugas BPK atau KPK mungkin yang akan memberantas semua itu.

Bayangkan kalau PLN benar-benar korupsi, bisa saja tidak ada pemadaman listrik bergilir karena alat-alat yang digunakan telah dijamin telah memenuhi syarat. Kita jadi nyaman menggunakan jasa listrik dari PLN  positif sekali hasilnya. Sehingga bisa menjadi contoh instansi lain untuk mewujudkan negara yang bebas korupsi. Sebaliknya, korupsi di PLN akan memberikan kerugian yang sangat besar untuk negara dan hanya memperkaya satu pihak saja.

Saya selaku pengguna blog sangat mendukung agar terwujudnya PLN bersih dari segala bentuk korupsi, pelayanan yang buruk, suap, dan pungli. Mari kita wujudkan PLN yang bersih.

FYI, PLN udah berkomitmen loh buat memberikan pelayanan yang baik, anti suap dan tanpa pungli. Sebagaimana dikutip dari websitenya PLN bersih, dimana Empat pilar dari program PLN bersih adalah :
  1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN bersih dengan baik
  2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN bersih.
  3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN bersih
  4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.
Semoga dengan Empat pilar di atas, benar-benar terwujud PLN yang bersih dan memberi layanan terbaik. Sejak 6 Maret 2012, PLN juga bekerja sama dengan lembaga Transparency International Indonesia (TII). Kerja sama ini bertujuan untuk lebih memastikan, bahwa PLN dalam menjalankan usahanya menyediakan listrik bagi masyarakat luas, sungguh-sungguh menerapkan praktek GCG dan anti korupsi. Kerjasama yang dibangun meliputi reformasi dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) serta reformasi di sisi pelayanan pelanggan.

Last statement, dengan telah terwujudnya PLN bersih dan tidak adanya pemberitaan tentang PLN melakukan korupsi, kita dapat menghilangkan istilah "PLN korupsi" di dunia maya". Pada pencarian Google, saat kita menginputkan keyword "PLN korupsi" maka hasil pemberitaan tidak ditemukan, atau hasil yang keluar adalah "PLN bersih" :) #semoga

Hasil Pencarian Google I :)

Hasil pencarian Google II :)



Sekian, dari blogger untuk PLN bersih :)
Referensi :

6 comments :